WABUP PIMPIN UPACARA HARGANAS " FUNGSI KELUARGA HARAP DILAKSANAKAN"

Posted By Admin Super | 01-07-2019 14:39:33 | Umum, Daerah, Pemda, | 84 Kali dibaca

Wakil Bupati Pangandaran, H. Adang Hadari, menyampaikan ada 8 fungsi keluarga yang diharapkan setiap keluarga mengetahui, memahami dan melaksanakannya.

Hal ini disampaikan beliau pada saat memimpin upacara peringatan Hari Keluarga Nasional XXVI, 1 Juli 2019, di halaman kantor Bupati Pangandaran.

Karena menurutnya “apabila 8 (delapan) fungsi keluarga tersebut implementasikan niscaya akan tumbuh anak bangsa Indonesia yang memiliki karakter kuat dan kepribadian terpuji apalagi dalam situasi dan kondisi yang serba transparan saat ini,"kata Wakil Bupati Pangandaran.

Kedelapan fungsi tersebut adalah fungsi agama, fungsi sosial budaya, fungsi cinta dan kasih sayang, fungsi perlindungan, fungsi reproduksi, fungsi sosial dan pendidikan, fungsi ekonomi, dan fungsi lingkungan.

Lanjut beliau saat ini perubahan lingkungan terjadi dengan cepat, dimana suatu hal yang dipandang baik bagi kehidupan keluarga pada beberapa dekade yang lalu, belum tentu saat ini dapat diterima.

"Terlebih dengan gaya hidup yang makin modern dan kesibukan orang tua yang semakin meningkat, akan berdampak pada tatanan kehidupan keluarga," ujarnya.

Wabup pun mencontohkan waktu berkumpul dengan keluarga secara kualitas mulai terasa terabaikan, terjadi kesenjangan komunikasi antara orang tua dan anak karena terbatasnya waktu untuk mendengarkan keluh kesah atau problematika terutama pada anak remaja, keluarga sering tidak tanggap atau kurang peduli pada kejadian-kejadian di lingkungan sekitarnya dan budaya gotong royong antar warga, antar masyarakat bisa dikatakan hampir luntur.

Peringatan Harganas XXVI tahun ini mengambil tema “Hari Keluarga, Hari Kita Semua” dengan Slogan “Cinta Keluarga, Cinta Terencana”. Dengan tema dan slogan tersebut, maka peringatan Harganas diharapkan dapat dijadikan sebagai momentum dan pemacu bagi keluarga Indonesia untuk terus-menerus berupaya meningkatkan ketahanan dan kesejahteraan keluarga agar dapat menghasilkan generasi yang berkualitas.

Salah satu kegiatan yang digalakkan dalam momentum Harganas XXVI Tahun 2019 adalah “Gerakan Kembali ke Meja Makan” dan Gerakan “tidak melihat Media sosial dan TV pada jam 18.00 - 21.00 atau Gerakan 1821”. Dengan maksud mulai jam 6 sore sampai jam 9 malam diinfokan anggota keluarga secara bersama-sama melakukan aktivitas yang mengarah pada nuansa kebersamaan, misalnya : bagi yang muslim menjalankan sholat, mengaji dilanjutkan makan malam, belajar atau berdiskusi antar anggota keluarga, yang diharapkan dapat mendekatkan dan meningkatkan kembali interaksi antara anggota keluarga yang akan mewujudkan terciptanya ketahanan keluarga. (Adesoed)


Share