Upacara Peringatan Hari Santri Tingkat Kabupaten Pangandaran

Posted By Admin Super | 22-10-2018 05:18:36 | Daerah, Pemda, | 62 Kali dibaca

Parigi. Bupati Pangandaran bertindak sebagai Pembina upacara Hari Santri tingkat kabupaten Pangandaran Senin 22 Oktober 2018 yang diselenggarakan di lapang Alun alun parigi. Dalam Upacra tersebut diikuti oleh Santri dari berbagai Pondok Pesantren yang ada di 10 Kecamatan di Kabupaten Pangandran.

Keputusan presiden nomor 22 tahun 2015 tentang hari santri merupakan babak baru dalam sejarah umat islam indonesia. mulai hari itu, suka cita memperingati hari santri yang merupakan wujud relasi harmoni antara pemerintah dan umat islam, khususnya bagi kalangan kaum santri.

Pemerintah sudah sepatutnya memberikan apresiasi bagi perjuangan kaum santri yang secara nyata memberikan andil besar bagi terbentuk dan terjaganya negara kesatuan republik indonesia (nkri). oleh karena itu, peringatan hari santri harus dimaknai sebagai upaya memperkokoh segenap umat beragama agar saling berkontribusi mewujudkan masyarakat indonesia yang bermartabat, berkemajuan, berkesejahteraan, berkemakmuran dan berkeadilan.

Kalangan pesantren dalam hal ini adalah para kiai, santri dan elemen umat islam yang belajar kepada orang-orang pesantren diharapkan oleh segenap bangsa indonesia untuk mencurahkan energinya dalam rangka menjaga keutuhan dan persatuan masyarakat di tengah situasi saat ini yang penuh dengan berbagai fitnah.

Berkaca pada sejarah, hari santri merujuk pada keluarnya resolusi jihad pada 22 oktober 1945 yang memantik terjadinya peristiwa heroik 10 november 1945 di surabaya yang kemudian diperingati sebagai hari pahlawan. resolusi jihad adalah seruan ulama-santri yang mewajibkan setiap muslim indonesia untuk membela kedaulatan tanah air dan mempertahankan kemerdekaan indonesia.


Share