SYUKURAN NELAYAN PANGANDARAN TAHUN 2018

Posted By Admin Super | 11-09-2018 03:02:44 | Daerah, Pemda, | 114 Kali dibaca

Pangandaran. Syukuran nelayan atau yang lebih dikenal dengan tradisi Hajat Laut oleh kalangan nelayan Pantai Pangandaran merupakan tradisi turun temurun dari masyarakat nelayan yang ada di Kabupaten Pangandaran. Hajat laut sendiri merupakan bentuk rasa syukur dari masyarakat nelayan atas hasil laut yang didapat selama satu tahun.

Pada 11 September 2018 nelayan Kecamatan Pangandaran menggelar syukuran nelayan yang bertempat di Pantai timur. Syukuran nelayan sendiri digelar setiap bulan muharam pada kalender Islam.

Syukuran nelayan pada tahun ini di Kecamatan Pangandaran bersamaan dengan peringatan 1 Muharam 1440. Acara di mulai dengan pawai ta’aruf dan karnavak budaya, dilanjutkan dengan dzikir bersama dan tausiah dan ditutup dengan prosesi tabur bunga di tepi pantai.

Bupati Pangandaran menjelaskan “Syukuran Nelayan atau hajat laut ini memang digelar setiap bulan muharram dan biasanya perayaan 1 muharram dan hajat laut suka dipisah namun sekarang disatukan.”

“diharapkan dengan bentuk penyelenggaraan seperti ini dapat meningkatkan antusiasme wisatawan untuk mengikuti acara prosesi syukuran nelayan dan 1 muharraman” tutup Bupati. (DKISP)

Share