SMK BAKTI KARYA PARIGI GELAR FESTIVAL 28 BAHASA

Posted By Admin Super | 30-10-2018 06:36:35 | Umum, | 29 Kali dibaca

Parigi, Nilai-nilai ke-Indonesiaan dalam balutan kebudayaan yang luhur harus diilhami oleh masyarakat, khususnya warga masyarakat. Lembaga pendidikan memegang peran penting dalam menghadirkan dan membentuk nilai-nilai luhur tersebut pada siswa-siswi. Ketakwaan pada Tuhan Yang Maha Esa, cinta tanah air, keperibadian yang kuat dan tangguh, kesetiakawanan sosial, kejujuran, sikap toleransi, bekerjasama, bertanggungjawab, serta disiplin membela dan membangun negara harus dimiliki oleh pelajar. Manusia diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa dengan perangai yang sempurna; lahiriah dan batiniah. Setiap siswa memiliki potensinya sendiri, demikian karena setiap manusia yang lahir adalah spesial. Lembaga Pendidikan harus bisa menggali dan menghidupkan setiap potensi pada diri sisiwa.

Festival Bahasa dalam rangka memperingati sumpah pemuda merupakan ajang untuk memupuk kesadaran berbangsa dan bernegara secara nyata, selebihnya adalah praktek nyata dalam kehidupan sehari-hari untuk menjamin perdamaian dan kemerdekaan abadi sebagai individu yang berbangsa dan bernegara Indonesia. SMK Bakti Karya Parigi selalu berkolaborasi dengan banyak pihak, karena urusan pembangunan bangsa bukan tanggung jawab segelintir orang, melainkan tanggung jawab setiap orang. Kolaborasi aksi untuk memajukan pendidikan Indonesia, memupuk karakter-karakter generasi bangsa Indonesia dengan nilai-nilai ke-Indonesia yang luhur dan paripurna.

Menurut Kepala SMK Bakti Karya Parigi Irpan Ilmi menjelaskan, Festival ini bertujuan untuk memperkenalkan bahasa dan ragam budaya nusantara. "Ada tiga acuan yang menjadi dasar penyelenggaraan Festival 28 bahasa di SMK Bakti Karya Parigi, diantaranya bersyukur, berbudaya dan bertanggung jawab," tegas Irpan kepada SPC Senin (29/10).

Festival 28 bahasa ini dikuti oleh siswa-siswi SMK Bakti Karya Parigi, ada yang dari Papua, Flores, Betawi, Sunda dan lainya. Hal ini untuk memupuk sifat toleransi dan menambah pengetahuan tentang keanekaragaman budaya dan bahasa yang ada di Indonesia. Diharapkan untuk kedepanya Festival 28 bahasa ini dapat diselenggarakan dengan sekala yang lebih besar.

Share