PANGANDARAN LAUNCHING PROGRAM “SEKOPER CINTA DAN NGABASO”

Posted By Admin Super | 18-06-2019 08:43:44 | Umum, Daerah, Pemda, PKK, | 153 Kali dibaca

Launching program “Sekoper Cinta dan Ngabaso” tingkat Kabupaten Pangandaran dilaksanakan  di Aula Setda Kabupaten Pangandaran. Selasa, 18/06/2019. Launching program Sekoper Cinta dan Ngabaso secara simbolis dilakukan oleh Bupati Pangandaran yang diwakili oleh Asisten Daerah 1 Kabupaten Pangandaran, Tatang Mulyana, S.H.

Acara ini dihadiri oleh Kepala Dinas KBP3A Kab. Pangandaran, Ketua TP PKK Kabupaten Pangandaran Hj. Ida Nurlaela, Wakil Ketua PKK Kab. Pangandaran, Para Camat, Kader PKK dan tamu undangan lainya

Sekolah Perempuan Capai Impian dan Cita-cita (SEKOPER CINTA) adalah program pemberdayaan sebagai wadah bertukar pengetahuan dan pengalaman, serta meningkatkan kualitas hidup perempuan. Pemberdayaan perempuan yang dilakukan oleh Sekoper Cinta yang merupakan sebuah upaya untuk mewujudkan kesetaraan peran, akses, partisipasi, kontrol dan manfaat antara perempuan dan laki-laki di semua bidang.

Tujuan dari program “Sekoper Cinta” antara lain, pengetahuan kesetaraan dan keadilan gender, etika berkeluarga, kesehatan, mitigasi bencana dan lingkungan hidup, menerapkan keterampilan dasar perempuan dalam kehidupan sehari - hari, berpikir kritis dan mengemukakan pendapat.

Sedangkan Program “NGABASO”, yaitu Ngabring Ka Sakola yang mewajibkan orang tua untuk mengantar anaknya tidak boleh lagi langsung di pintu gerbang sekolah, tapi ada jarak radius 50-100 meter. Program ini bermanfaat membiasakan anak-anak jalan kaki, lebih sehat, bisa berinteraksi sosial dengan teman-temannya, dan saling menjaga dengan toleransi serta kekompakannya. Dengan program ini akan melahirkan anak-anak yang lebih peduli kepada sesamanya.

Fasilitator akan memberikan edukasi dan bimbingan kepada masyarakat. PKK kab. Pangandaran sendiri memberikan pendampingan dan sosialisasi untuk mengsukseskan program ini.

“Sekoper Cinta ini menjadi wadah perempuan yang ada di Pangandaran untuk lebih meningkatkan pengetahuan tentang stunting, peningkatan perekonomian, human trafficking, kesetaraan gender, mandiri dan kreatif,”ujar Ketua PKK.

“Saya berharap adanya kesepakatan dari semua pihak untuk mensukseskan progam ini, walau hanya perempuan yang mendapat pelatihan tapi hasilnya untuk semua yang ada di keluarga,” tutup Ketua PKK Hj. Ida Nurlaela

Dalam sambutan Bupati Pangandaran yang dibacakan oleh Asisten Daerah 1 Kabupaten Pangandaran, Tatang Mulyana, S.H berharap “dengan adanya Sekoper Cinta dapat mengurangi angka permasalahan sosial yang menyeret perempuan dan anak sebagai korban nya, mengakhiri kesenjangan ekonomi perempuan, perdagangan manusia, dan kekerasan dalam rumah tangga,”tuturnya.

Di Kabupaten Pangandaran program Sekoper Cinta dan Ngabaso akan dilakukan di Desa Kersaratu Kecamatan Sidamulih sebagai lokasi Desa binaan Program P2WKSS di Kabupaten Pangandaran tahun 2019. (Fauzi Algiffari)

Share