OSS PERMUDAH PERIZINAN USAHA

Posted By Admin Super | 22-03-2019 10:22:26 | Umum, Daerah, Pemda, | 5 Kali dibaca

Pangandaran. Dalam rangka percepatan pelaksanaan berusaha di Kabupaten Pangandaran, Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dengan Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Pangandaran melaksanakan sosialisasi pelayanan perizinan terintegrasi secara elektronik Online Single Submission (OSS) di Aula Hotel Aquarium Pangandaran Jumat, 22 Maret 2019.

OSS merupakan sistem perizinan berusaha yang terintegrasi secara elektronik dengan seluruh Kementerian/Lembaga (K/L) Negara hingga Pemerintah Daerah (PEMDA) di Indonesia. OSS di maksudkan untuk memangkas waktu dan birokrasi dalam proses perizinan usaha. Kebijakan ini diambil pemerintah sebagai upaya untuk meningkatkan perekonomian nasional melalui pertumbuhan dunia usaha yang selama ini mengeluhkan panjangnya waktu dan rantai birokrasi yang harus dilewati untuk memulai suatu usaha.

Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Pangandaran Dr. H. Sobirin, S.Pd., M.Pd. menjelaskan, “Di OSS ada ratusan perizinan dan sasaran utama para pelaku usaha. Jadi yang ingin melakukan usaha melakukan izin usahanya melalui OSS ini,” tuturnya.

“Keuntungan nya perizinan usaha bisa dipercepat dan tidak ada biaya kecuali di Pangandaran hanya biaya IMB saja,” tambahnya.

Plt Sekda Kabupaten Pangandaran menambahkan, “Mudah – mudahan dengan sistem ini kegiatan perizinan akan lebih transparan, akuntabel sehingga para pengusaha bisa sangat terbantu,” ucapnya.

“Semuanya harus belajar dan memanfaatkan OSS ini karena dapat mempermudah perizinan dan ini sudah menjadi tuntutan di era industry 4.0 saat ini,” tutup Sekda.

Share