KICK OFF MEETING PERENCANAAN PEMBANGUNAN KABUPATEN PANGANDARAN TAHUN 2020

Posted By Admin Super | 13-12-2018 13:28:01 | Pemda, | 167 Kali dibaca

Bertempat di Aula Setda, Pemerintah Kabupaten Pangandaran menyelenggarakan Kick Off Meeting Perencanaan Kabupaten Pangandaran Tahun 2020. Kamis. 13/12/2018. Yang dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Pangandaran H Adang Hadari.

Hadir pula pada kesempatan ini sekretaris PSDKU UNPAD Pangandaran, Dr. Dipl.Ing. Husin M Al Banjari M.Si, Ketua Aliansi Strategis Universitas Padjadjaran (ASUP JABAR) Prof. Dr. Reiza D M.Hum, Asisten, Kepala BAPPEDA, Kepala SKPD, Camat, dan Kepala Desa.

Pada pidatonya Wakil Bupati Pangandaran mengatakan bahwa perencanaan pembangunan dilakukan untuk menentukan skala prioritas pembangunan dan langkah langkah yang akan ditempuh untuk menciptakan kesejahteraan.

Wakil Bupati menjelaskan, " kick off meeting perencanaan merupakan awal pertemuan dalam rangka rangkaian proses penyusunan RKPD Kabupaten Pangandaran tahun 2020 dengan tujuan untuk menyampaikan prioritas pembangunan daerah, serta regulasi perencanaan tahun 2020 untuk kemudian menjadi bahan di musrenbang Kecamatan, forum perangkat daerah, pra musrenbang dan musrenbang Kabupaten".

Wakil Bupati pun menuturkan ada beberapa pendekatan dalam merencanakan pembangunan "perencanaan pembangunan daerah dilaksanakan dengan serangkaian dialog pembangunan daerah melalui pendekatan bottom up, teknokratik, politik dan top down yang dilaksankan secara Simultan dalam rangka merumuskan perencanaan pembangunan yang lebih bermakna dan memiliki nilai kebermanfaatan yang tinggi bagi seluruh masyarakat di Kabupaten Pangandaran" ujarnya

Lebih jauh Menurut Wabup perlu ada sinkronisasi antara pememrintah pusat Provinsi dan Daerah dalam membangun. "Pembagian kewenangan antara pemerintah pusat, propinsi dan kabupaten/kota diperlukan adanya upaya penciptaan sinkronisasi dan sinergi perencanaaan pembangunan untuk menghasilkan pembangunan yang berdaya guna dan berhasil guna.”

Di akhir pidatonya Wakil Bupati Pangandaran mengatakan Kegiatan ini diharapkan menjadi sarana dalam menyelesaikan isu strategis daerah melalui pelaksanaan program kegiatan sektoral di tiap OPD yang berbasis pada kinerja.

Pada kesempatan ini juga di bahas tentang sosialisasi perda nomor 3 tahun 2018 tentang rencana RTRW Kab. Pangandaran dan sosialisasi program kerja aliansi strategis Universitas Padjdjaran Jawa Barat tahun 2018. (sumber: ade soed/HUMAS)


Share