Jabar Internasional Marathon

Posted By Admin Super | 02-12-2018 17:57:13 | Umum, Daerah, Pemda, Provinsi, Nasional, | 34 Kali dibaca

Kabupaten Pangandaran menjadi tempat diselenggarakannya Jabar International Marathon 2018 yang digelar di Pamugaran kawasan objek wisata pantai Pangandaran, Minggu, 2 Desember 2018. Jabar International Marathon melintasi rute sepanjang garis pantai Pangandaran hingga Batu Hiu dengan titik start Jalan Pamugaran di Pantai Barat. Rutenya melalui Jalan Cijulang, Jalan Parigi, Jalan Buniayu, Jalan Bojongsalawe, Jalan Batuhiu, Jalan Raya Cijulang, dan berakhir kembali di Jalan Pamugaran.

Sementara itu bagi pelari yang memang menjadikan ajang ini untuk berburu gelar sekaligus hadiah uang, rute yang ditawarkan cukup nyaman karena terbebas dari gangguan lalu lintas. Hanya saja, terik cuaca pantai yang panas menjadi tantangan tersendiri.

JIM 2018 memperlombakan berbagai kategori. Kategori full marathon dengan jarak 42.195 kilometer dibagi menjadi tiga kategori yakni open (internasional), nasional, dan master nasional. Begitu juga untuk kategori half marathon (21.0975 kilometer) dibagi untuk kelas open, nasional, dan master nasional. Kategori 10 kilometer dan 5 kilometer terbagi untuk kelas nasional, master nasional, dan pelajar.

Untuk kategori full maraton open putra-putri, podium pemenang dikuasai olah para pelari asal Kenya yang memang banyak meramaikan kejuaraan ini bersama pelari Etiopia. Selain diikuti pelari-pelari kompetitif yang rutin mengikuti kejuaraan, JIM 2018 diikuti banyak pelari lanjut usia, seperti Garnadi (63) dan Yuli Rianastasia (58) asal Jakarta yang masih sanggup mencapai garis finis nomor full maraton 42 kilometer.

Bupati Pangandaran berharap dengan adanya event berskala internasional ini dapat menarik wisatawan domestik dan mancanegara untuk datang ke Pangandaran. Serta dapat memperkenalkan objek wisata Kabupaten Pangandaran ke internasional.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Jawa Barat Yudha M. Saputra mengatakan, selain menjadi arena kompetitif untuk para pecinta lari lintasnegara, kejuaraan skala internasional ini dirancang untuk menumbuhkan pariwisata kawasan Jawa Barat bagian selatan dengan destinasi utama Pangandaran.

Pangandaran dipilih sebagai lokasi permanen Jabar International Marathon (JIM) karena memiliki keragaman lokasi wisata yang menarik bagi banyak orang, terutama para peserta lari. Selain itu, di setiap titik minum, para peserta akan disuguhi aneka pertunjukkan budaya lokal.

JIM 2018 diikuti 648 peserta dari negara Indonesia, Kenya, dan Etiopia. Para peserta terbagi menurut kategori nomor lari, yakni full maraton 38 orang, half maraton 75 orang, 10 km 107 orang dan paling banyak 5 km 426 orang.

Untuk hasil lomba bisa dilihat di https://www.jabarmarathon.com/race-result

Share