GREEN CANYON WAKILI PANGANDARAN DI ISTA 2019

Posted By Admin Super | 26-07-2019 08:00:18 | Umum, Daerah, Pemda, | 134 Kali dibaca

Kertayasa. Indonesia Sustainable Tourism Award merupakan penghargaan dari Kementerian Pariwisata untuk destinasi yang telah menerapkan sistem pariwisata berkelanjutan. Ajang ISTA diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata untuk ketiga kalinya pada tahun ini dan terbuka untuk seluruh pengelola destinasi Pariwisata baik pengelola kawasan, agen travel, penyedia jasa, yayasan, maupun masyarakat lokal.

Objek Wisata Green Canyon atau yang sering disebut oleh warga Cijulang ‘cukang taneuh’ di Desa Kertayasa Kecamatan Cijulang menjadi perwakilan Kabupaten Pangandaran dalam destinasi nomine ISTA 2019.

Penilaian Objek Wisata Green Canyon dilaksanakan pada Kamis, 25 Juli 2019 bertempat di ruang tunggu Objek Wisata Green Canyon. Sebanyak 37 destinasi wisata dari 14 Provinsi di Indonesia mengikuti ISTA 2019 dan salah satunya Objek Wisata Green Canyon dari Kabupaten Pangandaran.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pangandaran Undang Sohbarudin berharap mendapatkan penghargaan terbaik untuk ISTA 2019.

“Dengan ikut sertanya Green Canyon dalam ISTA 2019 ini berharap mendapat penghargaan terbaik dan meningkatkan kualitas Pariwisata Green Canyon dan objek wisata lainnya di Kabupaten Pangandaran,”tutur Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Undang Sohbarudin.

Kementerian Pariwisata menyatakan bahwa ISTA dilaksanakan bukan sebagai kompetisi untuk membandingkan antar destinasi, daya tarik wisatawan/bisnis pariwisata, akan tetapi untuk memotivasi destinasi lainnya agar dapat meningkatkan pengembangan pariwisata berkelanjutan.

Selain itu, ajang ISTA ini juga dibuat untuk membangun dan meningkatkan kesadaran masyarakat serta para pelaku pariwisata mengenai kegiatan pembangunan pariwisata berkelanjutan serta memberikan apresiasi kepada destinasi-destinasi yang telah menerapkan prinsip pariwisata berkelanjutan.

Kategori penghargaan mencakup: Peringkat Terbaik Umum, Peringkat Terbaik 1, Peringkat Terbaik 2, serta Peringkat Terbaik 3 untuk setiap kategori, yakni kategori Tata kelola, Manfaat Ekonomi, Budaya, dan Lingkungan. Para pemenang ISTA akan dipromosikan dalam Indonesia Sustainable Tourism Mart (ISTAMart).

Para pemenang Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) nantinya akan diumumkan pada malam penganugerahan yang berlangsung pada 27 September 2019 untuk memenangkan hadiah dengan total 1 Miliar dan akan diajukan pada ajang penghargaan serupa di tingkat ASEAN, yaitu ASEAN Sustainable Tourism Award (ASTA).


Share