E-PUSKESMAS MUDAHKAN MASYARAKAT DAPATKAN LAYANAN KESEHATAN

Posted By Admin Super | 26-11-2018 10:53:01 | Umum, Daerah, Pemda, | 99 Kali dibaca

Parigi. Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi dapat memberikan dampak posistif dalam bidang kesehatan. Ketersediaan data dan informasi yang akurat, komprehensif dan mutakhir dalam sistem komunikasi kesehatan yang dimiliki setiap puskesmas yang ada di Kabupaten Pangandaran dapat mempermudah masyarakat untuk mendapatkan informasi mengenai kesehata.

E-Puskesmas merupakan sistem informasi kesehatan berbasis online di seluruh Puskesmas yang ada di Kabupaten Pangandaran. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pangandaran Yani Ahmad Marzuki mengatakan, sistem e-Puskesmas merupakan salah satu cara Dinas Kesehatan mempermudah rekap laporan bidang kesehatan dari seluruh puskesmas yang ada di Kabupaten Pangandaran.

"Dengan adanya sistem e-Puskesmas mempermudah masyarakat melakukan pendaftaran, mengecek antrian pasien di Puskesmas dan berkonsultasi kesehatan secara gratis dengan dokter," kata Kadis Dinkes.

E-puskesmas secara resmi di-launching oleh Wakil Bupati Pangandaran H. Adang Hadari pada Senin, 26 November 2018 di Puskesmas Parigi Kabupaten Pangandaran. Dalam sambutannya Wabup mengatakan “E-puskemas diharapkan dapat mempermudah masyarakat untuk mendapat informasi mengenai kesehatan”

Selain itu Wabup Juga menyampaikan “sistem E-puskesmas ini dapat mempermudah pelaporan tentang penyakit, pendataan obat-obatan dan kroscek pasien peserta BPJS Kesehatan atau bukan”.

”Selain itu untuk menghindari double cost pasien. Bilamana pasien tersebut memiliki BPJS Kesehatan maka tidak harus diklaim ke APBD. Karena, di Kabupaten Pangandaran ada pelayanan kesehatan dasar gratis yang hanya cukup dengan membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP). Jadi lebih efektif dan efisien, anggaran APBD bisa tidak terserap oleh pasien yang menggunakan BPJS," tuturnya

Program e-Puskesmas ini diberlakukan di seluruh Puskesmas se-Kabupaten Pangandaran. E-puskesmas merupakan solusi pelayanan berbasis internet dengan tujuan mewujudkan pelayanan kesehatan yang baik untuk masyarakat.

Masyarakat bisa mendaftar secara langsung menggunakan android atau smartphone masing-masing ketika hendak dan akan berobat ke puskesmas.

E-puskesmas adalah aplikasi yang dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan pencatatan data secara digital pada puskesmas. Sistem terintegrasi yang mengimplementasikan aplikasi berbasis desktop dengan aplikasi berbasis online (website) yang digunakan oleh puskesmas untuk melakukan pencatatan data pelayanan sehari-hari. Mulai dari data pasien, rekam medis, obat dan kroscek data BPJS dari pasien.


Share