DISKOMINFO PROVINSI JAWA BARAT DAN TIM SABER HOAKS JABAR MELAKSANAKAN SOSIALISASI DI PANGANDARAN

Posted By Admin Super | 25-09-2019 08:17:00 | Umum, Daerah, Pemda, | 291 Kali dibaca

PANGANDARAN (20/9/2019). Bertempat di PSDKU UNPAD Pangandaran, Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat menggandeng tim SABER HOAKS JABAR, melaksanakan kegiatan sosialisasi JABAR SABER HOAKS dengan tema “Memanfaatkan Kearifan Lokal untuk Mencegah Hoaks, Tangkal Hoaks dengan Kolaborasi”.

Bergabung dalam acara tersebut 120 peserta, terdiri dari dari unsur mahasiswa PSDKU UNPAD Pangandaran, unsur relawan TIK, unsur Polsek wilayah Pangandaran, serta dari Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik, dan Persandian Kabupaten Pangandaran.

Dalam sambutannya, Bupati Pangandaran yang pada saat itu dibacakan oleh Asisten Daerah III Bidang Administrasi Umum mengatakan bahwa “ Jika berita hoaks sudah tersebar luas, maka akan memunculkan keresahan, apalagi terkait dengan peristiwa yang berdampak pada kehidupan umat manusia”. Beliau juga mencontohkan, “Pangandaran sebagai kabupaten tujuan wisata diisukan dengan adanya suatu bencana, padahal tidak. Ini akan berdampak terhadap perekonomian setempat, hotel, restoran, dan penyedia jasa lainnya yang sudah dibooking pun dapat dibatalkan”.

Kepala Diskominfo Provinsi Jawa Barat, dalam sambutannya merasa bangga dengan adanya pelaksanaan sosialisasi JABAR SABER HOAKS di PSDKU UNPAD Pangandaran ini, karena sebagian besar audience yang berasal kalangan milenial ini dapat menjadi tameng atau penangkal hoaks yang potensial.

Selain itu juga ada acara Deklarasi Anti Hoaks, dimana peserta dan seluruh yang hadir memberikan apresiasinya dengan membubuhkan tanda tangan bersama.

Acara yang menghadirkan lima orang narasumber yang cukup berpengalaman ini memberikan warna baru bagi peserta yang sebelumnya kurang memahami cara membedakan dan menangkal hoaks pada akhirnya merasa puas dengan tambahan ilmu dari seluruh narasumber.


Share