230 ATLIT IKUTI ORTRAD TINGKAT KABUPATEN PANGANDARAN

Posted By Admin Super | 13-03-2019 13:11:00 | Umum, Daerah, Pemda, | 9 Kali dibaca

Bagolo. Sebanyak 230 orang atlit olahraga tradisional Sunda tingkat Sekolah Dasar dari 10 Kecamatan di Kabupaten Pangandaran mengikuti Invitasi Olahraga Tradisional (ORTRAD) tingkat Kabupaten Pangandaran digelar di Lapang Desa Bagolo Kecamatan Kalipucang, Selasa 12 Maret 2012.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pangandaran H. Surman menjelaskan “Invitasi ORTRAD ini merupakan invitasi olahraga tradisional pasundaan dan invitasi ini dijadikan agenda tahunan”

Adapun olahraga tradisional sunda yang dilombakan antara lain egrang, balap tarumpah panjang, dogongan, sumpitan dan hadang.

“Juara – juara dari Cabor yang dilombakan pada invitasi ini nantinya akan mewakili Kabupaten Pangandaran untuk mengikuti ORTRAD tingkat Provinsi Jawa Barat”, lanjut Kadisdikpora.

Tahun 2018 pada ORTRAD tingkat Provinsi Jawa Barat, Kabupaten Pangandaran mampu meraih Juara Umum mengalahkan Kabupaten/Kota lain.

ORTRAD diharapkan mampu menjadi suatu ajang dalam menjaga nilai – nilai budaya yang ditanamkan dalam pendidikan karakter agar tetap melekat di masyarakat Kabupaten Pangandaran sejak dini dan dapat melestarikan olahraga budaya asli urang sunda ditengah kemajuan jaman.

“Dengan adanya ORTRAD, anak – anak di Kabupaten Pangandaran dapat mencintai dan melestarikan tradisi budaya sunda yang ada di masyarakat dan di tingkat Provinsi, pada tahun 2019 nanti kita dapat meraih Juara Umum kembali” tutup Kadisdikpora. (Fauzi Algiffari)


Share